A. Pengertian Tesselation.
Tessellation adalah membagi objek menjadi poligon (segitiga) untuk proses rendeering 3D. Untuk tiap segitiga, point sudut dan nilai warna seperti halnya nilai transparansi, jika diperlukan, bisa dideterminasikan dan umumnya diaplikasikan kedalam sebuah games baik console maupun game pc.
B. Penggunaan Efek Tessellation
Didalam sebuah games efek tessellation digunakan untuk menyempurnakan keindahan game ketika gpu memproses karakter dengan rendering sehingga mampu menghasilkan polygon yang lebih banyak didalam sebuah game.
Didalam sebuah games efek tessellation digunakan untuk menyempurnakan keindahan game ketika gpu memproses karakter dengan rendering sehingga mampu menghasilkan polygon yang lebih banyak didalam sebuah game.
Dalam kesempatan ini kami mencoba untuk memberikan gambaran antara game yang menggunakan efek tessellation maupun dengan game yang tidak menggunakan efek tessellation. Syarat menggunakan tessellation adalah dukungan game sendiri dan dukungan oleh kartu grafis yang mampu menawarkan teknologi ini yaitu GPU dengan teknologi directX 11.
Contoh image prosesing dengan penggunaan efek tessellation dan non tessellation :
Didalam gambar terlihat jelas penggunaan efek tessellation bagi pengolahan gambar terutama animasi untuk sebuah games ialah dengan merender gambar sehingga menghasilkan gambar yang memiliki banyak polygon.
Lihat gambar (a) yaitu karakter yang tidak menggunakan efek tessellation garis yangterbentuk pada sejumlah titik yang ada di badan katak tersebut tidak memiliki lekukan yang berarti seperti hanya sebuah garis lurus biasa dan tidak mengalami perenderan.
Lihat gambar (b) yaitu karakter yang menggunakan efek tessellation guratan garis yang ada di bagian lengan dan sisi perut katak telah mengalami rendering dengan efek tessellation sehingga timbulah lekukan baru / penambahan garis polygon yang dilakukan dengan real time tessellation. Penglihatan lebih jelasnya bias dilihat di gambar (c) dan (d).
C. Peroses Tesselation.
Efek tessellation dimulai pertama kali dengan membuat sebuah polygon yang sederhana seperti jaring dengat tingkat resolusi yang sangat kecil. Unit terkecil dari jaring sederhana kemudian membuat jaringan baru yang lebih halus dimana vertex di sebagian jaringan wajah akan mengeras satu dengan yang lainnya sehingga tahap kedua ini wajah akan semakin halus.
Didalam pengerasan ini ada yang namanya vertex shader yang digunakan untuk menempatkan titik baru kedalam jaring yang masih longgar dan menambahkannya sehingga jaring yang seolah bolong-bolong lama-lama akan menjadi tertutup oleh vertex shader.
Didalam pengerasan ini ada yang namanya vertex shader yang digunakan untuk menempatkan titik baru kedalam jaring yang masih longgar dan menambahkannya sehingga jaring yang seolah bolong-bolong lama-lama akan menjadi tertutup oleh vertex shader.
Tahap terakhir ialah menggabungkan jaringan yang terpisah kedalam jaringan yang telah mengeras pada tahap kedua dan melakukan proses rendering dengan sempurna sehingga bisa didapatkan tessellation dengan kualitas tinggi dimana displacement digabungkan kedalam surface potition. Lihat gambar dibawah ini.
Perubahan gambar secara instan dengan penggunaan efek tessellation.
Untuk lebih memahami pengunaan dan efek dari tessellation, dapat kita lihat pada video dibawah ini, yang membandingkan sebuah video show suatu consol game (Unigane Heaven-2009), yang memakai tessellation dan tidak memakainya.
Dengan perkembangan teknologi hardware VGA, masing-masing produsen VGA card bersaing untuk menunjukkan kebolehan produk mereka dengan beradu ke halusan/ketajaman tekstur pada permaian game. Dengan memakai metode tessalation mereka mengadu keindahan tampilan produk mereka.
Sedikit info mengenai Tesselation :
- Tesselation yang indah saat ini dapat bekerja pada DirectX 11 dan VGA yang berperforma tinggi, sebab semakin halus tekstur dan polygonal pada suatu tampilan beban Pixel dan bit akan semakin tinggi.
- Saat ini produsen VGA card yang paling bersaing dalam hal ketajaman dan kehalusan gambar adalah NVIDIA dan ATI RADEON, dengan adanya hardware yang menunjang pada computer, maka tekhnik tessellation akan semakin baik hasilnya.
- Software 3DMAX adalah software grafis 3 demensi yag sudah mengadopsi tekhnik tessellation, dengan memakai software ini dan spesifikasi computer yang memadai, kita dapat menciptakan suatu karakter yang tekstur yang lebih hidup.
Source :
http://www.extremetech.com/article2/0,2845,2329315,00.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Tessellation
http://www.gametrailers.com/user-movie/dx-11-tessellation-demo/348225
http://www.extremetech.com/article2/0,2845,2329315,00.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Tessellation
http://www.gametrailers.com/user-movie/dx-11-tessellation-demo/348225
it's new knowledge for me ;)
BalasHapusthanks ;)
keren pengetahuannya :D
BalasHapusThanks
makasih gan ilmunya, nice share dan ijin copas
BalasHapusWah Membantu sekali terima kasih.....
BalasHapusWah Membantu sekali terima kasih.....
BalasHapus